Dinkes bersama ASN dan Masyarakat Tolikara gelar peringatan Hari Kesehatan Nasional

Karubaga-Pemerintah Tolikara melalui Dinas Kesehatan mengelar Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di halaman Kantor Bupati Tolikara gurikme jumat,12 November 2021 kemarin lalu.

 

Dalam Upacara Hari Kesehatan Nasional itu dihadiri Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo,SE,M.Si diwakili Sekda Ir. Palangsong latuconsina,turut hadir Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) serta tokoh masyarakat dan tokoh agama. Tema yang diangkat dalam Hari Kesehatan Nasional itu sesuai tema nasional yakni Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku.

 

Upacara Peringatan HKN di Kabupaten Tolikara Papua ini diawali dengan jalan sehat,melibatkan para tenaga medis,dan para ASN serta warga kota karubaga. jalan sehat itu dimulai dari kota karubaga hingga finis di halaman Tempat Apel Kantor Bupati Tolikara di gurikme.

 

Usai Upacara HKN itu Dinas Kesehatan mengelar pengobatan gratis,seluruh peserta upacara dan masyarakat sekitar mendatangi petugas medis di halaman kantor Bupati di gurikme tempat apel untuk berobat gratis dengan memeriksakan diri seperti gula darah,impotensi dan penyakit menular,inveksi dan lainnya.

 

Kepala Dinas Kesehatan Tolikara Alsen genongga mengatakan, masih banyak yang harus dihadapi Indonesia soal isu kesehatan termasuk Tolikara,tidak hanya pandemi Covid-19, berbagai penyakit baik yang menular maupun tidak menular.

 

"kita sudah berupaya pencegahan dan terus imbau masyarakat untuk waspada, termasuk terhadap penyakit tidak menular". Ujar Kepala Dinas Alsen genongga usai upacara perigatan HKN Jumat kemarin lalu.

 

 

Menurutnya dalam peringatan hari Kesehatan nasional salah satu makna terpenting dari tema hari kesehatan nasional 2021 adalah bagaimana pemerintah dan juga seluruh elemen terkait berusaha untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia sampai ke pelosok Indonesia. 

Karena kesehatan merupakan salah satu hal terpenting atau sektor vital dalam kehidupan. Selain itu dengan diperingatinya hari Kesehatan nasional diharapkan masyarakat Indonesia terutama masyarakat Tolikara di tengah pandemi seperti saat ini semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan.

 

 

Kepala Dinas Kesehatan Alsen Genongga menambahkan penyakit tidak menular biasanya timbul akibat pola hidup dan gaya hidup tidak sehat. Seperti penyakit jantung, kanker dan ISPA serta penyakit berbahaya lainnya. Karena itu Masyarakat bisa cegah dengan menjalani hidup sehat dan terus bergerak. Apalagi sesuai dengan tema Hari Kesehatan Nasional tahun ini yakni Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku, tak hanya pemerintah, masyarakat juga harus terlibat demi menyehatkan Indonesia. Salah satunya dengan menjaga diri agar terhindar dari berbagai penyakit, baik yang menular maupun tidak menular.

 

"kita bersama berkolaborasi mencegah pandemi Covid-19 ini tapi untuk penyakit lainnya juga". ImbuhNya

 

Terkait pandemi corona kondisi di Indonesia pada umun dan Tolikara pada khusunya memang terus mengalami kemajuan dan berangsur membaik. Namun jangan sampai terlena dan lengah sebab pandemi bisa kembali meningkat kapan saja. Karenanya Vaksinasi dan terus menjaga protokol kesehatan, bukan hanya vaksinasi covid-19 tetapi vaksinasi untuk penyakit lainnya.

 

"tentunya kita harus melihat kembali pelayanan kesehatan lain seperti cakupan imunisasi, layanan TBC, HIV, malaria juga kesehatan ibu yang masih kita harus kejar capaiannya". Tegas Kepala Dinas Alsen genongga.

 

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Karubaga dokter Delwien ester jacob mengucap syukur kepada Tuhan Pemberi hidup atas rahmat dan karunianya sehingga kita semua hidup dan beraktifitas dengan baik dan lancar. Dengan penuh semagat meningkatkan pelayanan di RSUD maupun beberapa Puskesmas serta Posyandu yang tersebar diselrurh Tolikara.

"puji Tuhan kami senang memperigati hari kesehatan nasional dengan tema Sehat Negriku,Tumbuh Indonesiaku sangat relefan untuk kita sama-sama berupaya cegah penyakit menular maupun tidak menular". Kata Dokter Delwin.

 

Direktur RSUD dokter Delwien ester Jacob mengimbau kepada seluruh masyarakat Tolikara untuk meningkatkan pola hidup sehat melalui olahraga,mengonsumsi makanan bergizi,dan melakukan pemeriksaan-pemeriksaan secara rutin melalui puskesmas,posyandu,dan RSUD.

 

Direktur RSUD Karubaga bersama tenaga medis mengelar acara syukuran dengan acara makan bersama di RSUD Karubaga di igari. semua tenaga medis RSUD Karubaga hadir dalam acara syukuran itu. (Diskominfo Tolikara)*