Cegah DBD, Dinkes Tolikara Distribusi Kelambu Anti Nyamuk kepada warga ibu hamil dan ibu menyusui

Karubaga-Pasien terjangkit penyakit malaria di Indonesia hingga kini terus meningkat terutama di daerah endemis menengah dan tinggi malaria. Daerah tersebut terutama wilayah timur Indonesia meliputi Papua, Papua Barat, dan NTT. Karena itu Kementerian Kesehatan RI menyalurkan bantuan Kelambu anti nyamuk ke Papua,salah satu Kabupaten di Papua yang menerima bantuan kelambu anti nyamuk itu adalah Kabupaten Tolikara. Dinas Kesehatan Tolikara menyerakan bantuan itu ke sejumlah Puskesmas yang tersebar di seluruh Tolikara.

 

Salah satunya Puskesmas Karubaga  membagikan bantuan kelambu anti nyamuk kepada ibu hamil dan ibu menyusui secara gratis.

 

“Pembagian kelambu anti nyamuk ini dibagikan secara gratis kepada masyarakat di sejumlah Kampung  yang berada di wilayah kerja Puskesmas Karubaga”. Ujar Kepala Puskesmas Karubaga Legion yikwa, S.KM Kamis,03/09/2020 pekan kemarin.

 

Menurutnya, Pembagian kelambu anti nyamuk merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menurunkan penularan malaria di daerah endemis malaria karena penggunaan kelambu anti nyamuk dinilai efektif dalam memberikan perlindungan pada masyarakat dari gigitan nyamuk Anopheles penular malaria. Penyakit malaria merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh parasit plasmodium yang menginfeksi sel darah merah karena terinfeksi dari orang lain melalui gigitan nyamuk Anopeles betina.

 

“untuk mencegah penyakit malaria kami mendistribusikan kelambu anti nyamuk kepada Ibu hamil dan ibu menyusui,ibu hamil dan ibu menyusui diutamakan karena mereka sangat rentan terkena penyakit malaria. Dan kelambu ini tahan lama serta efektif digunakan”. UngkapNya.

Legion Yikwa,S.KM menjelaskan, pendistribusian kelambu per  Kampung/Desa diwilayah kerja Puskesmas Karubaga meliputi, Kelurahan Karubaga, dan 19 Kampung/Desa bahkan warga Distrik Wenam juga dibagikan karena Distrik Wenam masuk wilayah layanan Puskesmas Karubaga. Lebih dari 1.500 keluarga menerima bantuan kelambu ini.

 

Warga Kampung Tina Distrik Wenam Kain Kogoya memberikan pengargaan tinggi kepada pemerintah karena memberikan bantuan kelambu anti nyamuk. Bantuan ini diharapkan dapat melindungi masyarakat dari gigitan nyamuk malaria sehingga tidak perlu khawatir disaat tidur.

  “Saya atas nama warga Kampung Tina mengapresiasi pendistribusian kelambu anti nyamuk dari Puskesmas Karubaga agar dapat mencegah Demam berdarah terhadap masyarakat”. Ucapnya.

Pendistribusian kelambu anti nyamuk  ini untuk mencegah DBD  dan pembagiannya  diawali mulai dari Kelurahan Karubaga hingga Kampung Tina Distrik Wenam. Seluruh para medis turun langsung ke lapangan sambil sosialisasi cara pake dan merawat kelambu anti nyamuk tersebut.(Diskominfo Tolikara)*