Rapid Test dan Swab test masal, 3 warga ber-KTP Mamteng dan 1 warga ber-KTP Tolikara Positif Covid-19

Bokondini-Dokter Delwien ester jacop mengatakan, 3 warga ber-KTP Kabupaten Mamberamo Tengah dan 1 warga ber-KTP Kabupaten Tolikara dinyatakan positif virus Corona atau Covid-19,termasuk 6 orang reaktif. Pasien positif dan pasien reaktif tersebut berdasarkan hasil rapid test  dan swab test masal yang diselenggarakan bersama Tim Kesehatan Covid-19 Prov. Papua dan Tim Kesehatan Covid Kab. Mamberamo Tengah sejak awal bulan juli 2020 di Kabupaten Mamteng.

 

 

kami menerima laporan dari Tim Kesehatan Covid-19 Tolikara yang bertugas di posko Covid-19 Bokondini pada hari senin malam,13 Juli 2020 bahwa ada Pasien Positif Covid-19 di Distrik Bokondini. Usai menerima Laporan itu,Tim Gugus Tugas Covid-19 Tolikara menurunkan Tim Kesehatan untuk klarifikasi kasus baru itu ternyata benar ada 4 pasien Positif Covid-19. Dan Tim Gugus Tugas Tolikara turun ke Distrik Bokondini pada Rabu,15 juli 2020 setelah menyiapkan perlengkapan penanganan dengan mengatur strategi penanganan pasien positif Corona virus sesuai ketentuan protokoler Covid-19. Demikian kata dokter Delwien ester jacop saat konfirmasi sejaumana penanganan 4 pasien positif Covid termasuk 6 orang reaktif di Distrik Bokondini Tolikara Jumat,16/07/2020 kemarin lalu.

 

 

“setelah menerima laporan kasus baru pasien positif Covid-19 itu,kami memutuskan turun langsung ke lapangan untuk klarifikasi dengan tujuan pemeriksaan lanjutan. Hingga kini keempat pasien Positif itu sudah ditangani Tim medis Tolikara sesuai protokoler Covid-19”. Ujar Dokter Delwien Jacop.

 

Menurut Dokter Delwien ester jacop hingga kini keempat pasien Positif Covid-19 itu sudah dikarantikan di Distrik Bokondini dengan menyediakan rumah karantina dilengkapi pasilitas sesuai protocol Covid-19 diantaranya sediakan air bersih,alas tidur,aliran energy listrik,makan dan minum serta kebutuhan sehari-hari lainnya.

 

 

“kami karantinakan pasien positif ini di salah satu bangunan milik pemerintah,kami lengkapi semua kebutuhan sehari-hari termasuk aliran enegi listrik hingga kini kami pantau perkembangan kesehatan pasien masih sehat. Karena itu pemberian obat seperti vitamin terus diberikan”. Kata Dokter Delwien jacop.

 

 

Tim kesehatan Covid-19 Prov. Papua bersama Tim kesehatan Covid-19 Kab. Mamberamo Tengah menyatakan  4 pasien positif dan 6 orang reaktif setelah rapid test dan swab test masal di wilayah perbatasan Kab. Mamberamo Tengah dengan Kabupaten Tolikara di Distrik Bokondini. Kebetulan pasien ini berada di Distrik Bokondini Kab. Tolikara sehingga penanganan pasien positif dan pasien reaktif dilakukan tim kesehatan Tolikara meskipun 3 pasien ber-KTP Kab. Mamberamo Tengah. Namun tenaga kesehatan melayani pasien bukan berdasarkan KTP,namun pelayanan dilakukan berdasarkan kemanusiaan dank ode etik kesehatan.

 

 

Karena itu dokter Delwien jacop berharap kepada seluruh warga Tolikara meningkatkan protokoler kesehatan Covid-19 dengan mewajibkan warga wajib pakai masker,wajib jaga jarak,wajib cuci tagan dengan sabun di air megalir dan pakai hanzanitizher atau sabun antiseptic sejenisnya. Apabila semua warga Tolikara patuhi protocol kesehatan Covid-19 ini dengan baik,bukan tidak mungkin wabah virus corona ini pasti pulih cepat. Tetapi warga Tolikara tidak patuhi,malas tahu,kepala keras apalagi melawan protocol kesehatan Covid-19,maka tidak menutup kemungkinan wabah ini akan memakan korban lebih banya.

 

 

“kami harap warga Tolikara patuhi protocol kesehatan,bagi yang masih kepala keras suka melawan tolong sadar kita jaga kesehatan bersama”. himbu dokter Delwien jacop. (Diskominfo Tolikara)*