Berlakukan New Normal,Bupati Usman G.Wanimbo himbau ASN Tolikara kembali aktif berkantor mulai 17 juni 2020

Karubaga-Aparat Sipil Negara (ASN)Kabupaten Tolikara Papua dihimbau aktif kembali berkantor mulai rabu,17 Juni 2020 besok (hari ini),kebijakan pengaktifan ASN itu diambil menyusul keputusan Pemerintah Pusat menerapkan New Normal. Meski demikian, dalam menjalankan aktivitas, para ASN diharuskan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

 

Hal itu ditegaskan Bupati Tolikara Usman G.Wanimbo,SE,M.Si melalui telepon selulerNya dari Jayapura dalam rapat terbatas dengan beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah OPD yang digelar di ruang rapat Bupati dikediamannya di Karubaga selasa,16 juni 2020 kemarin. 

"Apa yang sudah diputuskan Pemerintah Pusat menerapkan New Normal prakondisi selama Siaga Darurat Penaganan Covid-19,patut kita jalankan dengan kebijakan yang kami ambil sesuai kondini di daerah. Kami akan menerapkan  Standar  Operasional  Prosedur  SOP  untuk pencegahan dan penaganan Wabah Virus Corona,dan kami keluarkan surat SOP semua ASN akan berkantor kembali tentu dengan memperhatikan protokol percepatan penanganan COVID-19”. Ujar Bupati Usman G.wanimbo.


Ditegaskanya salah satu Pencegahan dan penanganan pandemic Covid-19 yang harus diperhatikan adalah Pimpinan OPD masing – masing kantor harus menyediakan tempat cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, pengaturan jarak atau physical distancing. Dan  para ASN wajib menggunakan masker mulai dari keluar rumah, hingga kembali lagi ke rumah hal ini menjadi perhatian serius agar dengan demikian bisa menekan atau meminimalisir penularan wabah Covid-19 ini.

Menurut Bupati Usman G.Wanimbo,SE,M.Si  kebijakan pengaktifan kembali ASN tersebut, diambil sejalan dengan keputusan Pemerintah Pusat dalam penerapan New Normal  yang memberikan ruang atau kelonggaran tempat-tempat yang semula tidak bisa memungkinkan untuk beraktifitas,termasuk mengaktifkan kembali aktivitas perkantoran. Walaupun Kabupaten Tolikara masih daerah hijau namun jika melihat syarat pemberlakuan New Normal,daerah Tolikara sudah bisa menjalankan New Normal.  Karena itu sebagai langkah awal Bupati Usman G.Wanimbo  mengaktifkan ASN berkantor.

 

“dengan kondisi  ini, tentu  saya harapkan dukungan warga Tolikara, agar daerah kita terhindar dari wabah corona virus dengan dimulai ASN masuk bekerja secara normal. Semua kegiatan pembangunan dan pelayanan harus dijalankan segera". Jelas Bupati Usman wanimbo.

Bupati Usman G.wanimbo memberikan pengargaan tinggi kepada tim gugus Tugas Covid-19 Tolikara karena telah berhasil mengedukasi warga sedikit demi sedikit untuk menerapkan perilaku hidup sehat. Selain itu pengawasan terhadap pemberlakuan pembatasan jam operasional kendaraan angkutan umum,dan jam buka tutup kios atau tokoh bagi pendagang. Pembatasan jam operasional kendaraan angkutan umum dan jam buka tutup kios atau tokoh maish tetap dilanjutkan hingga kondisi di daerah Tolikara benar – benar pulih dari wabah Virus Corona.

“ saya harap para sopir dan pendagang Tolikara nurut kebijakan kami tim Covid-19,hal ini demi keselamatan kita bersama”. PintahNya. (Diskominfo Tolikara)*