Puluhan Rumah Sehat Tolikara Telah Dibangun

Pemerintah Kabupaten Tolikara berhasil membangun puluhan rumah layak huni atau rumah sehat selama tahun 2020. Demikian dikatakan Kepala Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP), Imanuel Gurik, SE.,M.Div kepada media, Kamis (/17/12/2020).

 

“Sumber dana pembangunan rumah berasal dari Dana Bagi Hasil (DBH) yang bersumber dari APBN, Dana Otonomi Khusus (Otsus), 9 unit dari SILPA DAU, dan dana dari Balai SNVT Papua,” kata Imanuel Gurik.

 

Berdasarkan data dari DPKP sebagaimana disampaikan Imanuel Gurik, jumlah rumah sehat yang dibangun adalah sebagai berikut. Sebanyak 11 unit rumah Sumber Dana SNVT dibangun di  Distrik Wenam 5 unit dan Distrik Karubaga 6 unit. Sebanyak 13 unit Sumber Dana DAK APBD dibangun di Distrik Karubaga 11 unit dan Distrik Wenam 2 unit.

 

Selain itu, 23 unit rumah dengan anggaran dari Dana Otsus sebanyak dibangun di  Distrik Kanggime 3 unit, Distrik Karubaga 3 unit, Distrik Nabunage (Kutime) 3 unit, Distrik Geya 2 unit, dan Distrik Aweku 2 unit, serta Distrik Umagi, Distrik Biuk, Distrik Bokoneri, Distrik Bokondini, Distrik Kamboneri, Distrik Konda,  Distrik Poga, Distrik Kubu, Distrik Anawi, dan Distrik Telenggeme, masing-masing 1 unit.

 

Menurut Imanuel Gurik, pembangunan rumah sehat tersebut didasari pemikiran bahwa masyarakat harus hidup sehat dan sejahtera di dalam rumah sehat. Di tahun 2020, rumah yang dibangun adalah type 36 dan type 45. Rumah tersebut diperuntukan bagi para hamba Tuhan, dewan gereja, gembala sidang, tokoh adat, tokoh masyarakat dan ibu-ibu janda.

 

Dikatakan pula, masyarakat sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tolikara dalam hal ini Bupati Usman G. Wanimbo dan Wakil Bupati Dinus Wanimbo, bersama Dinas terkait atas pembangunan rumah sehat.

 

“Kami telah berkunjung ke beberapa lokasi. Masyarakat sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Bupati Tolikara atas perubahan berupa penyediaan rumah warga sekarang ini,” ucap  Imanuel Gurik.

 

Seperti diketahui, Pengembangan Infrastruktur Sosial merupakan salah satu agenda penting dalam mewujudkan visi dan misi Pembangunan Kabupaten Tolikara periode 2017 – 2020. Salah satunya berupa penyediaan dan penataan sarana dan prasarana pemukiman di perkotaan dan di kampung secara adil dan merata melalui penyediaan rumah rakyat layak huni dan sehat.[Diskominfo Tolikara]