Umat Muslim dan Muslima Tolikara gelar Solat Id di tiga tempat penuh khusuk

Karubaga-Tolikara-Umat Muslim dan Muslima Tolikara gelar Solat Id di tiga tempat yaitu  di Kota Karubaga ibukota Kab. Tolikara dan  di Distrik Bokondini bagian Timur Wilayah Kab. Tolikara dan di Distrik Kanggime wilayah Barat Tolikara. Panitia Hari Raya Idul Fitri 1442 hijriah 2021 tingkat Kabupaten Tolikara pusatkan pelaksanaan Solat Id di tiga tempat itu untuk memudahkan warga muslim dan muslimat dari TNI/POLRI dan Aparat Sipil Negara ASN yang berprofesi sebagai guru dan tenaga medis bertugas di pelosok tolikara mendatangi Distrik terdekat dipusatkannya Ibada Solat Id untuk beribadah. Karena momen hari raya idul fitri merupakan salah satu momen penting dan wajid bagi Umat Muslim merayakan salah satunya solat id.

 

Lebih dari 1000 Warga Muslim dan Muslima Kota Karubaga dan sekitarnya tampak hadir melakukan Solat Id di Musolah Karubaga kamis,13/5/2021 kemarin.

 

Solat Id itu dimulai pagi pukul. 05:30 hingga selesai pukul. 6:00 WIT. Semua Umat Muslim dan Muslima baik Tua,Muda,Remaja bahkan anak kecil tampak hadir mengikuti Solat Id dengan penuh khusuk.

 

Warga pendatang sebagai pendagang yang paling dominan dari jumlah jamaah yang beribadah di Musolah Karubaga.

 

Ketua Panitia  Hari Raya Idul Fitri 1442 Hidrija tingkat Kabupaten Tolikara Ustad Ali Muktar  memanjatkan Puji dan Syukur  kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena pelaksanaat Solat Id di Musolah Karubaga dengan penuh khusuk.

 

“Alhamdullilah pelaksanaan Solat Idul Fitri 1442 hidrija kamis,13 mei 2021 Umat Muslim dan Muslima di Kabupaten Tolikara berjalan secara khusuk dan tumahnina aman dan tentram serta damai”. Kata Ustad Ali Muktar.

 

Dikatakannya Solat Id yang sama digelar Umat Muslim dan Muslima di luar kota Karubaga di Distrik Bokondini dan untuk  menjangkau Distrik terdekat dan  sekitarnya sama halpula di Distrik Kanggime.

 

“semoga senantiasa mendapatkan taufik hidayah rahmat dan Perlindungan dari Allah Swanah Watah Allah”. Imbuhnya.

 

Ketua Panitia Ustad Ali Muktar mewakili Umat Muslim dan Muslima Tolikara mengucapkan banyak terimakasi dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo,SE,M.Si  bersama  jajarannya dan Kapolres Tolikara AKBP DR. Y. Takamuly  bersama Jajarannya dan tokoh agama,tokoh pemuda dari Gereja GIDI dan tokoh masyarakat serta stakeholder lainnya bersinergitas mendukung Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H sejak puasa hingga pelaksanaan Solad Id dan lebaran di Kota Karubaga dan di Distrik Bokondini dan Kanggime berjalan aman dan tertip.

 

“apabila dalam perbuatan atau perkataan kami selama ini kurang berkenang di hati Bapak Ibu dan Saudara saudari  kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya”. Kata Ustad Ali muktar.

 

Dalam rangka pengamanan Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 hidrija Kapolres Tolikara AKBP DR Y. Takamuly menurunkan  personil gabungan TNI/POLRI lebih dari 200 anggota,untuk mengamankan perayaan Hari Raya Idul Fitri. Apalagi pelaksanaan Solat Id,dan lebaran terutama di kota Karubaga dan sekitarnya.

 

Dikatakannya 200 personil itu di bagi di 4 pos pengamanan termasuk di Distrik Bokondini dan Distrik Kanggime.

 

“Puji Tuhan pagi ini kita lihat lebih dari 1000 Umat Muslim dan Muslima hadir mengikuti Solat Id di Musolah Karubaga dengan penuh khusuk”. Ujar Kapolres AKBP Takamuly.

 

Menurutnya Situasi pelaksanaan Solat Id berjalan dengan aman,dan tertip serta damai ini,tidak terlepas dari  dukungan seluruh warga Tolikara,terutama tokoh agama,tokoh Pemuda dan tokoh masyarakat.

 

“kami TNI/POLRI tidak bisa menjadi hebat kalau tidak ada bantuan dari masyarakat,apresiasi tinggi buat masyarakat Tolikara”. Kata Kapolres AKBP Takamuly.

 

Pada ibadah Solat Id itu semua Jamaah di wajibkan mematuhi  Protokol Kesehatan,dengan disiplin memakai Masker,Mencuci tangan,dan Menjaga jarak bahkan memeriksa suhu badan dari Tenaga Medis Puskesmas Karubaga kota. Dari hasil pemeriksaan suhu tubuh terpantau normal rata – rata dari 34-36. (Diskominfo Tolikara)*