Tingkatkan Mutu Layanan Kesehatan, Bupati Usman G. Wanimbo Lantik Sejumlah Pejabat RSUD Karubaga

KARUBAGA-MD. Usai melantik puluhan pejabat eselon di lingkup Pemerintah Kabupten Tolikara belum lama ini, Bupati Usman G. Wanimbo, SE.,M.Si kembali melantik sejumlah pejabat di Aula Kantor Bupati di Igari Karubaga Selasa,15/12/2020. Mereka yang dilantik adalah pejabat eselon III dan IV  RSUD Karubaga dan satu pejabat eselon III dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tolikara.



Bupati Usman G. Wanimbo dalam sambutannya mengatakan, mutasi jabatan merupakan hal yang biasa dan menjadi bagian dari bentuk penyegaran baru bagi para ASN. Selain itu, pelantikan dilakukan bagi jajaran ASN di RSUD Karubaga dilakukan guna meningkatkan mutu layanan kesehatan.



“Saya melantik beberapa pejabat eselon IV dan III pada Unit RSUD Karubaga guna meningkatkan mutu pelayanan di RSUD Karubaga secara mandiri,” ujar Bupati Usman G. Wanimbo.



Dikatakannya, peningkatan pelayanan prima dan akuntabel dalam bidang administrasi pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan terus dilakukan demi tercapainya visi Bupati dan Wakil Bupati Tolikara yaitu: Terwujudnya Kabupaten Tolikara yang Maju, Unggul, dan Mandiri.



Pada kesempatan yang sama, Bupati Usman G. Wanimbo menjelaskan, ada beberapa persoalan yang mesti dibenah dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan di Tolikara. Selain menempatkan pejabat ASN secara tepat sesuai bidang tugas masing-masing, kendala lain yang harus diperhatikan adalah masalah bahasa.



Seperti yang terjadi selama ini, masyarakat yang tinggal di kampung-kampung kebanyakan kurang mengerti bahasa Indonesia. Demikianpun sebaliknya, sebagian besar tenaga kesehatan tidak bisa berbahasa daerah.



Akibatnya, kesehatan menjadi kurang efektif. Pemberian resep obat bisa salah karena antara petugas kesehatan dan masyarakat mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. Oleh karena itu, Bupati Usman G. Wanimbo meminta agar para tenaga kesehatan untuk belajar bahasa daerah.



“Keluarga saya yang tinggal di kampung, rata-rata belum lancar berbahasa Indonesia. saat sakit, mereka sulit menjelaskan kondisi kesehatannya karena petugas kesehatan terutama dokter rata-rata pendatang. Saya minta dokter dan perawat bagi khususnya yang pendatang untuk belajar bahasa kami, bahasa Lani,” pinta Bupati Usman Wanimbo.



Turut hadir dalam acara pelantikan dan sumpah janji jabatan eselon III dan IV ASN RSUD Karubaga, sejumlah pejabat di Pemkab Tolikara, TNI/Polri, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.[Diskominfo Tolikara]