Akis wenda dikukuhkan ketua HMPT Tolikara kota study Jayapura

Jayapura-pelaksanaan Kongres ke VII Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Tolikara HMPT dengan agenda utama pemilihan ketua dan Pengurus digelar di Aula Asrama Mahasiswa Tolikara di Yoka sejak 28 hingga 30 maret 2021 telah usai dengan sukses jumat,01 maret 2021 kemarin.

 

Wakil Ketua Wilayah Toli Gereja GIDI Pendeta Womi wenda,STh mengukuhkan ketua HMPT terpilih Akis wenda dilengkapi dengan pengurus untuk masa bhakti tiga tahun mendatang 2021 – 2023.

 

Proses pemilihan dari tahap pengusulan nama calon ketua HMPT berjalan cukup alot dan bersaing sangat ketat karena pencalonan muncul dua belas calon anak – anak Tolikara terbaik sebagai kandidat ketua HMPT namun diantara dua belas itu tiga tidak memenuhi kriteria sehingga dinyatakan gugur,dan sembilan dinyatakan lolos untuk bersaing, proses seleksi itu dilakukan selama dua Minggu. Pemilihannya dilakukan dengan sistem aklamasi, akhirnya saudara Akis Wenda memperoleh suara terbanyak dan terpilih Ketua HMPT masa bhakti 2021-2023.

 

Dalam kongres HMPT tersebut selain menerima materi  kepemimpinan dari intelektual senior Tolikara,juga mengeluarkan rekomendasi penting untuk Pemerintah Tolikara. Rekomendasi itu diantaranya peredaran Minuman Keras dilarang di Tolikara,tingkatkan pembangunan jalan dan jembatan,dan bantuan dana pendidikan ditingkatkan serta sejumlah rekomendasi penting di buat untuk ditindaklanjuti Bupati bersama Legislatif Tolikara.

 

Acara pengukuhan ketua terpilih Akis wenda bersama Anggota dibuka langsung Wakil Bupati Tolikara Dinus Wanimbo  SH; MH dalam sambutannya mengatakan Mahasiswa dipersiapkan menjadi pemimpin Papua di masa mendatang. Karena itu waktu yang ada ini persiapkan diri dengan baik membentuk karakter, kemampuan. Membentuk intelegensi terjadi pada berbagai kesempatan salah satunya wadah perhimpunan, serta berbagai wadah lain. Dinus wanimbo  berharap bersaing dalam berorganisasi dan gunakan waktu yang ada dengan baik untuk kembangkan diri anda.

 

“saya percaya kepemimpinan adik Akis Wenda bersama teman teman  Kedepan membawa perubahan organisasi HMPT yang lebih besar”. Ujar Wakil Bupati Dinus wanimbo.

 

MenurutNya Mahasiswa adalah harapan masa depan Papua dan Indonesia bahkan Gereja, karenanya kerjasama Mahasiswa dengan Pemerintah  akan menjalin hubungan dengan baik. Untuk pembinaan kami akan beri perhatian kepada Mahasiswa di semua kota Study Seluruh indonesia.

 

Sementara itu pendiri HMPT  Yotham R Wonda mengatakan Melalui HMPT Para mahasiswa dan pelajar  belajar organisasi, jika di Kampus cukup ketat tidak semua Mahasiswa terlibat belajar kepemimpinan. Maka wadah HMPT  dimanfaatkan untuk  belajar kepemimpinan karena lewat wadah ini mental Mahasiswa akan siapkan.

 

“teori yang di terima di bangku kuliah saja tidak cukup,harus dibekali dengan belajar kepemimpinan  melalui Diskusi ilmiah, seminar dan banyak hal lagi”. Pinta Yotam wenda.

 

MenurutNya wadah HMPT hadir untuk  mempersatukan para pelajar dan mahasiswa sehingga tidak ada perbedaan antar sesama dari Dapil satu, Dapil dua dan Dapil empat, karena Dapil dibentuk demi kepentingan pemilu bukan kepentingan Mahasiswa . Jangan bawah nama Dapil di tingkat Mahasiswa begitupun  wilayah Pembangunan, Wilayah pembangunan  untuk penataan pembangunan di Tolikara.

 

Ketua HMPT terpilih Akis Wenda usai pengukuhan itu  memberikan apresiasi tinggi kepada Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo,SE,M.Si telah memberikan dukungan moril dan materil apalagi acara kongres dibuka langsung oleh Bupati. Semoga kehadiran Bupati Usman wanimbo,SE,M.Si dan juga Bupati Mamberamo Tengah Ham pagawak,SH,M.Si yang telah membantu dana untuk kegiatan Kongres ini mampu menyatukan mahasiswa dan pelajar Tolikara di Jayapura. Ketua HMPT Akis wenda juga tidak lupa memberikan pengargaan tinggi kepada semua pihak atas dukungan dan bantuannya sehingga kegiatan ini dari awal hingga berakhir dengan sukses.

 

“selama lima tahun yang lalu terjadi  kevakuman namun atas dorongan dan motivasi pendiri dan senior sehingga Kongres HMPT ke VII terlaksana walaupun itu banyak tantangan yang di hadapi”. Kata Akis wenda.

 

Menurut Ketua terpilih Akis wenda dirinya hanya manusia biasa tidak bisa berjalan sendiri, Ia butuh kerja sama dari semua pihak dalam menjalankan roda organisasi HMPT  ke depan agar lebih baik lagi. Ia membutuhkan saran,petunjuk dari para senior.

 

Karena itu Ia mengajak semua Mahasiswa Tolikara dari 46 Distrik mari bergandeng tangan belajar organisasi di dalam HMPT, tanpa membeda bedakan.  HMPT adalah sebuah wadah milik Mahasiswa dan Pelajar Tolikara,kita semua satu dalam wadah HMPT.

 

Pada acara pengukuhan Ketua Terpilih bersama Pengurus (HMPT)  tersebut turut hadir Ketua V DPRP Timiles Yikwa, SE, Eimus Weya, ST  Anggota DPRD Jayapura, Yendiles Afrika Towolom ketua komisi A DPRD Tolikara, Ketua KNPI Tolikara Terius Wakur, S.IP, MKP, Orwan Toli Wone, Wakil Ketua GIDI Wilayah Toli Pdt. Womi Wonda, S.Th serta tokoh masyarakat setempat. (N.j/Diskominfo)*