Dewan juri tetapkan Irsan sambur menangkan sayembara logo persitoli Tolikara

Jayapura-Setelah melalui serangkaian proses atau tahapan, akhirnya pada Hari Senin,19/10/2020 di hotel Grand Abe Jayapura.  Dewan Juri menentukan pemenang Sayembara Logo Persitoli Tolikara dengan mekanisme  voting satu orang satu suara secara demokratsi yang disaksikan tim pembahas dari KONI Tolikara.

 

 “Puji Tuhan  akhirnya hari ini, Senin,19/10/2020,Dewan Juri menyelesaikan penilaian atas usulan logo yang diterima oleh Panitia”. Ujar Ketua KONI yang Juga Bupati Tolikara Usman Wanimbo.

 

Menurut Ketua  KONI yang juga Bupati Tolikara Usman  G. Wanimbo,SE,M.Si mengatakan Komite Olahraga Nasional Indonesia KONI selaku  pihak Penangungjawab bertindak menjadi Panitia  menyusun Filosofi Logo Persitoli Tolikara mulai Sabtu,03/10/2020 dan membuka  “sayembara logo persitoli tolikara”  Sayembara ini bertujuan untuk membuka ruang kepada publik khususnya masyarakat yang peduli dan memiliki bakat dengan mengembangkan dan memajukan  keberadaan persitoli tolikara untuk berpartisipasi dalam mendesain Logo Persitoli Tolikara  yang unik tapi menarik sesuai filosofinya.

 

 “Hingga akhir pendaftaran selama seminggu Sabtu,10/10/2020 lebih dari  50 usulan desain logo persitoli Tolikara yang diterima oleh Panita. Semua itu dibahas panitia bersama dewan juri mengerucut 23 logo dan seleksi lagi 10 besar dipilih lagi yang terbaik  menjadi 5 logo, dan dari 5 logo itu ditentukan pemenang dengan mekanisme voting oleh dewan juri sehingga terpilih 1 logo hasil karya pesepakbola berbakat Tolikara Irsan sambur”.  Ungkap Ketua KONI Usman G. Wanimbo.

 

Dikatakannya setelah dilakukan rekapitulasi oleh Panitia,lebih dari 50 usulan desain logo yang diterima panitia dan dibahas panitia bersama tim juri diserahkan kepada Dewan Juri dan Dewan Juri memilih lima desain terbaik. Dari 5 desain logo terbaik itu dipilih dengan mekanisme voting untuk menentukan juara 1 dan 2 serta 3 dan juara harapan 1 dan juara harapana 2.

 

“Sebenarnya tim kesulitan untuk mengambil atau memilih 5 terbaik mengingat desain yang diterima oleh panitia semuanya memiliki daya tarik serta keunikan tersendiri. Namun kejelian dan ketelitian Dewan Juri akhirnya Dewan Juri mampu menetapkan dengan mekanisme voting,dari hasil voting itu menentukan  juara 1 dan 2 serta 3 bahkan harapan 1 dan harapan 2”. Pinta Ketua KONI Tolikara Usman G. Wanimbo.

 

Desain logo karya Irsan sambur mantan pemain persitoli putra yang saat ini menjadi asisten pelatih  persitoli putra  keluar sebagai pemenang logo dengan memperoleh suara terbanyak dalam voting dengan jumlah suara 4 suara dan juara 2 hasil karya Marlon kogoya dengan jumlah 2 suara dan 3 logo lain tidak menerima suara. Untuk memperoleh juara 3 dan juara harapan 1 dan juara harapan 2 di lakukan voting lagi sehingga hasil karya Ari purnama keluar juara 3 dengan jumlah 3 suara dan hasil karya Benyamin kogoya keluar sebagai juara harapan 1 dengan jumlah 2 suara  dan juara harapan 2 dari hasil karya Irfan dengan jumlah 1 suara. Mekanisme voting itu dilakukan dari 7 orang Dewan Juri yang terdiri dari Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo,Kepala Bappeda Mufli Musaad,Kepala  BKD Joni towolom,Kepala Dinas Perumahan Imanuel Gurik,dan Kepala Badan Pelatihan Kesehatan provinsi Papua dr Demus kogoya,kepala BPKAD Samuel kogoya tidak hadir, Staf ahli Bupati yakni Obama tabo.

 

Secara umum logo – logo ini didesain dengan bulat seperti bola merupakan alat pemersatu  terdapat juga burung waleman (bahasa Lani burung walen) salah satu endemik unik  yang ada di daerah Tolikara yang merupakan simbol  kecepatan dan kekompakan,kelincahan,dan Honai sebagai identitas diri bahwa tim ini berasal dari daerah pengunungan Papua,juga opor melambangkan spirit dan kebangkitan,warna dasar biru tua kombinasi hitam melambangkan panorama alam Tolikara.

 

“kami bertekad” dan “optimis untuk  mewujudkan Persitoli Tolikara berkompetisi liga profesional,jadi semua dipersiapkan dari awal”. Bupati Usman G. Wanimbo.

 

Dijelaskannya Koni Tolikara akan memberikan penghargaan kepada lebih dari 50 orang peserta sayembara desain logo persitoli tolikara akan menerima uang penghargaan dengan nilai berbeda. Dan uang penghargaan itu dikirim melalui No. rek. masing-masing peserta lombah,karena nomor handpont atau hp sudah ada di panitia sehingga panitia akan menghubungi mereka untuk dikirimkan uang penghargaan.

 

Bupati Usman G. Wanimbo,SE,M.Si mewakili KONI Tolikara  menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Dewan Juri dan segenap Panitia yang telah bekerja keras membantu Membuat logo persitoli tolikara dalam mewujudkan mimpi lama yaitu menjadikan Persitoli Tolikara menjadi tim profesional dengan prestasi gemilang. (Diskominfo Tolikara)*