Iklim dan Geologi Tolikara

Iklim dan Geologi Tolikara

 

1. Iklim

Berdasarkan data dari Kantor Station Meterologi Jayawijaya, Iklim di Kabupaten Tolikara adalah iklim Tropis basah. Secara rata – rata curah hujan sebanyak 199,5 mm,hampir setiap hari selalu hujan karena dipengaruhi letak wilayah yang berada pada ketinggian ( dataran tinggi ), sehingga rata – rata temperature udara bervariasi antara 140 C sampai dengan 270 C. Tingkat kelembaban udara di wilayah Kabupaten Tolikara diatas 82,16 % sedangkan angin yang bertiup sepanjang tahun adalah angin barat daya dengan kecepatan rata – rata 2.58 knot.



2.    Geologi

Kondisi Geologi Kabupaten Tolikara umumnya didominasi oleh batuan formasi pembawa logam  yang terbentuk dari formasi kelompok batu gamping Nungni yang banyak mengandung bahan tambang. Prosentase dan luas formasi geologi yang ada di Kabupaten Tolikara.



3.    Pemanfaatan lahan/ Tutupan Lahan

Pemanfaatan lahan yang ada di KabupatenTolikara sebagian besar didominasi oleh hutan primer yang memiliki luas sekitar 299.594,03Ha atau 47,125% luas wilayah. Sesuai dengan peta padu serasi tata guna hutan kesepakatan , maka kawasan hutan di Kabupaten Tolikara terdiri dari Hutan Lindung, Hutan Produksi Konversi, Hutan Produksi Biasa dan Kawasan Cagar Alam serta sebagian kecil termasuk Taman Nasional Lourenz serta Taman Nasional Foja.