DETAIL BERITA

BUPATI USMAN G.WANIMBO MERAIH GOLDEN AWARDS SIWO PWI 2019, JADI MOTIVASI MAJUKAN DUNIA OLAHRAGA

Surabaya-Prestasi tinggi yang ditorehkan Tim Galanita Persitoli Tolikara beberapa kali meraih juara Nasional dan sejumlah pemain Galanita Persitoli mendominasi skuad Galanita Indonesia selama ini,tidak terlepas dari peran Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo,SE,M.Si.

Selain sepak bola,Bupati Usman G. Wanimbo juga mendukung penuh pelaksanaan PraPON 2019 dan PON 2020 Papua dengan menyiapkan venue cabang olahraga paralayang/terbanglayang di Kabupaten Tolikara. Kependulian dan perhatian yang sangat besar terhadap Dunia Olahraga ini mendapat apresiasi dari seksi Wartawan Olahraga Indonesia (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Karena itu SIWO PWI memberikan penghargaan Gorden Awards 2019 kepada Bupati Usman G.Wanimbo yang dinilai berprestasi dan berkontribusi tinggi terhadap beberapa cabang olahraga di tingkat Nasional maupun Internasional.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua PWI Pusat, Atal Depari kepada Bupati Usman G. Wanimbo menjadi salah satu dari dua puluh lima bupati se Indonesia yang hadir  menerima penghargaan Golden Awards SIWO PWI 2019 di Gedung Grahadi Surabaya, Jumat (8/2/2019) malam, disaksikan sejumlah menteri dan pejabat tinggi Negara, di antaranya Menpora Imam Nahrawi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan beberapa pejabat negara lainnya.

Penghargaan diberikan kepada kepala daerah yang terpilih karena berkontribusi di bidang olahraga. Golden Award Malam Anugerah SIWO PWI 2019 merupakan rangkaian acara utama peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun ini turut dihadiri Presiden RI Ir H. Joko Widodo.

Bupati Tolikara Usman G.Wanimbo,SE,M.Si menekankan penghargaan yang diterimanya merupakan apresiasi dan kepercayaan public,penghargaan ini mendorong kami untuk kedepan lebih baik dari sekarang.

 “Penghargaan ini saya dedikasikan kepada masyarakat dan atlet berprestasi di Kabupaten Tolikara. Termasuk segenap jajaran pelatih Persitoli Tolikara dan pengurus cabang olahraga lainnya serius memajukan dunia olahraga di Tolikara,” kata Bupati Usman Wanimbo dalam sesi wawancara usai prosesi penyerahan penghargaan.

Bupati mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir ini, Pemerintah Kabupaten Tolikara memberi perhatian khusus pada bidang olahraga melalui instansi tehnis. Hal itu  telah dilakukan dalam tim Galanita Tolikara yang dalam tiga tahun menjadi juara Nasional, bahkan beberapa pemain masuk dalam Timnas Galanitia Indonesia.

Selain itu, tim Persitoli Tolikara juga tahun kemarin lolos hingga babak 32 besar liga 3 Nasional. “bukan saja cabang olahraga sepak bola, kita akan perhatian cabang olahraga lainnya,” terangnya.

Bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tolikara juga secara konsisten menggelontorkan anggaran untuk pembangunan venue terbang layang. Venue yang akan digunakan nanti pada saat Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020,  kini proses pembangunanya sudah rampung, dan sekarang sedang dilakukan  proses pengaspalan jalan dari Kota Karubaga ke lokasi venue PON di puncak take off Tagalakpaga.

 “Sejak beberapa tahun terkahir, kita konsen membangun sarana dan prasana olahraga di Kabupaten Tolikara, kita harapkan dengan adanya penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk lebih baik lagi kedepannya dalam memajukan olahraga,” ucapnya

Bupati Wanimbo juga mengapresiasi tinggi dan berterimakasih kepada SIWO PWI Pusat dan Daerah telah mempercayakannya untuk menerima penghargaan ini, semoga ini menjadi motivasi kami untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga di Kabupaten Tolikara.

Sementara itu, Kadis Kominfo Tolikara Derwes Jikwa menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada teman-teman jurnalis yang tergabung dalam SIWO PWI Papua, yang sudah mengakomodir Pemerintah Kabupaten Tolikara dalam menerima penghargaan Golden Award SIWO PWI.

“penghargaan ini tidak semata menjadi simbol seremoni, tetapi menjadi sebuah pendorong untuk pemda Tolikara lebih proaktif memberikan forsi yang cukup dalam pembinaan dan kemajuan olagraga di Tolikara sesuai dengan potensi yang ada,” ungkapnya.

Dikatakannya, selama ini Tolikara sudah punya prestasi di tingkat Nasional lewat sepak bola putri yang dalam tiga tahun terakhir menjadi juara Nasional. Dan Tolikara menjadi tolak ukur dalam pembentukan tim sepak bola putri dalam menghadapi PON XX Papua 2020. Tutupnya     


Golden Awards sendiri merupakan ajang tahunan pemberian penghargaan kepada orang-orang yang peduli pada pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga baik itu atlet terbaik putra-putri, pelatih, pembina terbaik pada Asian Games dan Asian Para Games, maupun tokoh-tokoh olahraga serta organisasi olahraga. (Diskominfo Tolikara)*

Oleh : Admin Pemda | 11 Pebruari 2019 | Dibaca : 107 Pengunjung