DETAIL BERITA

BUPATI USMAN G.WANIMBO BANTU 200 JUTA UNTUK WARGA KORBAN BANJIR BANDANG SUNGAI GOYAGE

Bupati Usman G.Wanimbo bantu 200 juta untuk warga korban banjir bandang Sungai Goyage

 

Goyage-Tolikara-Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo,SE,M.Si bantu 200 juta  kepada warga korban banjir bandang sungai Goyage Desa Dugi Distrik Goyage Tolikara

Bantuan Bupati Tolikara Usman G.Wanimbo tersebut di serahkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tolikara Feri kogoya,SH didampingi Kepala Dinas Kominfo Tolikara Derwes yikwa yang diterima langsung warga pengungsi di Desa Dugi dan Desa Peko Distrik Goyege Tolikara Selasa,22 Januari 2019 kemarin.

Kepala BPBD Tolikara Feri kogoya,SH usai penyerahan Bantuan Bupati Usman G.Wanimbo sebesar 200 juta itu mengatakan Pemkab Tolikara dalam hal ini Bupati Usman G.Wanimbo turut berduka atas 3 warga yang terhanyut banjir bandang sungai Goyage 14 januari 2019 lalu hingga kini belum ditemukan. Keluarga dan kerabat lain yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan penghiburan dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Bupati Usman G.Wanimbo juga menyampaikan permohonan maaf atas lambatnya perhatian berupa bantuan tangkap darurat dan bantuan lainnya karena saat ini Pemerintah daerah dalam penyusunan Anggaran tahun 2019. Namun Pemkab Tolikara baru bisa menyalurkan bantuan setelah melakukan pinjaman semoga bantuan yang diberikan ini dimanfaatkan sesuai kebutuhan warga korban banjir bandang.

 

”informasi terjadinya banjir bandang yang menghanyutkan 3 orang hilang sudah kami terima sejak musibah banjir itu menerjang warga di Goyage. Namun bantuan bisa kita berikan setelah satu pekan karena kami masih di awal tahun sehingga persiapan bantuan belum ada sehingga kami berusaha melakukan pinjaman dan bisa menyalurkan bantuan sekarang”. Ujar Kepala BPBD Feri kogoya.

 

Kepala BPBD Feri kogoya,SH berharap para warga korban Banjir Bandang harus berada di tempat pengungsian di Desa Dugi dan Peko dalam beberapa bulan kedepan sambil menunggu intensitas curah  hujan menurun hingga kondisi daerah Tolikara benar – benar pulih kembali.

 

Dikatakanya saat ini BPBD Tolikara bersama BPBD Provinsi Papua sedang mempersiapkan bantuan dan bantuan itu akan disalurkan beberapa hari kedepan. Untuk merelokasi perumahan warga sesuai petunjuk Bupati Usman G.Wanimbo akan diupayakan kedepan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Karena itu Kepala BPBD Feri kogoya berharap warga pengungsi tetap berada di tempat pengungsian sambil menunggu bantuan selain dari Pemerintah juga dari pihak pemerhati kemanusiaan.

 

“saya harap seluruh warga goyage berdoa kirahnya baik Pemerintah dan pihak pemerhati kemanusiaan tergerak hati untuk memberikan bantuan kemanusiaan”. Harap Feri kogoya.

 

Sementara itu pihak korban banjir bandang Dikimus mayoba menyampaikan terimakasi yang tinggi kepada Pemerintah Tolikara terutama Bupati Usman G.Wanimbo telah memberikan bantuan uang sebesar 200 juta selain itu kami juga berterimakasi kepada anak – anak kami yang telah menjadi ASN telah memberikan Bantuan beras,selimut,terpal,dan bantuan lainnya sehingga semua kesulitan telah teratasi dengan baik. Namun banyaknya warga pengungsi sehingga kondisi saat ini persediaan makanan sudah habis sehingga masih membutuhkan perhatian pemerintah dan juga perhatian dari  pemerhati kemanusiaan.

“kami membangun rumah adat honai ini beratapkan jerami ini cepat sekali lapuk karena atap jerami ini dari bahan rumput ilalang cepat lapuk sehingga setelah setahun harus diganti. Kondisi ini menyulitkan  kami. Karena itu kami harap pemerintah bagunkan rumah sehat supaya kami bisa hidup layak”. Pinta Dikimus mayoba. (Diskominfo Tolikara)*

Oleh : Admin Pemda | 14 Pebruari 2019 | Dibaca : 53 Pengunjung