DETAIL BERITA

SETWAN TOLIKARA LUNCURKAN MAJALAH PARLEMENTARIA

Pemerintah Kabupaten Tolikara melalui Sekretrariat DPRD (Setwan) melaunching (meluncurkan) Majalah Parlementaria di sela acara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI di Lapangan Merah Putih, Sabtu (17/08/2019). Acara launching dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Tolikara, Dinus Wanimbo, SH.,MH didampingi Sekda Tolikara Anton Warkawani, SE, Sekretaris Dewan (Sekwan) Yonias Weya, SE dan Wakil Ketua II DPRD Tolikara, Wes Kogoya, dan disaksikan seluruh peserta upacara bendera.

    Wabup Dinus Wanimbo saat melaunching majalah tersebut memberikan apresiasi kepada Setwan dan DPRD Tolikara yang telah menerbitkan sebuah media yang dapat memuat informasi kegiatan para wakil rakyat. Menurutnya,kehadiran Majalah Parlementaria sangat penting dalam mendukung keterbukaan kinerja pihak legislatif kepada publik.

    “Kami memberikan apresiasi kepada Setwan dan pihak DPRD yang telah menerbitkan Majalah Parlementaria. Kami berharap semoga dengan adannya majalah ini, semangat kerja anggota dewan semakin ditingkatkan dalam menjalankan tugasnya masing-masing,” ujar Wabup Dinus Wanimbo. 

    Wakil Ketua II DPRD Tolikara, Wes Kogoya, pada kesempatan yang sama juga memberikan terima kasih kepada Setwan Tolikara yang telah merangkum dan mempublikasikan seluruh kegiatan dewan melalui sebuah majalah. Khususnya edisi perdana yang sangat luar biasa memuat tentang Kilas Balik Kegiatan DPRD Kabupaten Tolikara Periode 2014 – 2019.

    “Terima kasih kepada kepada Sekwan Tolikara bersama seluruh staf yang telah bekerja keras dalam mendukung kerja dewan. Edisi perdana ini sangat luar biasa, semoga terus dipertahankan pada edisi-edisi mendatang. Ini merupakan bagian dari keterbukaan kinerja legislatif kepada rakyat,” ungkapnya.

    Sementara itu, Sekwan Yonias Weya menjelaskan, Majalah Parlementaria DPRD Tolikara menyajikan informasi kegiatan para wakil rakyat dalam bekerja memperjuangkan aspirasi rakyat, yang bisa juga diakses oleh publik di Tolikara dan Papua pada umumnya.

Menurutnya, terbitnya majalah ini didasarkan pada suatu pertimbangan bahwa Lembaga Legislatif yang merupakan perwakilan rakyat Tolikara, perlu memiliki sebuah media internal yang bertujuan merangkum semua dokumen kerja, baik di tingkat pimpinan, komisi maupun fraksi-fraksi. 

“Media ini juga hadir mendukung semangat keterbukaan publik yang menuntut para wakil rakyat untuk mensosialisasikan informasi seputar capaian kinerja mereka dari masa ke masa sebagai wujud pertanggungjawaban kepada publik,” ungkap Setwan Yonias Weya.

Terkait edisi perdana yang dilauncing kali ini Setwan Yonias Weya mengatakan, selama hampir lima tahun, DPRD Tolikara telah menjalankan tiga tugas dan fungsi utamanya yakni fungsi legislasi (membuat regulasi atau peraturan), anggaran atau budgeting (mengesahkan APBD yang diajukan eksekutif) dan fungsi pengawasan terhadap pelaksaan regulasi dan APBD. Maka sangatlah disayangkan jika dinamika dan sepak terjang karya mereka tidak dipublikasikan. 

“Untuk itulah kami menghadirkan sebuah media informasi dalam bentuk majalah yang dikemas dalam terbitan enam (6) bulan sekali. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam mendukung terbitnya majalah ini. Semoga dukungan dari Pemerintah Daerah dan dari berbagai pihak tetap diberikan kepada kami, baik untuk peningkatan kemampuan staf publikasi Setwan maupun dukungan data untuk terbitan majalah pada edisi mendatang” tandasnya.[Diskominfo Tolikara]

Oleh : Admin Pemda | 02 September 2019 | Dibaca : 8 Pengunjung