DETAIL BERITA

SATU DIANTARA 11 MAHASISWA/I TOLIKARA PAPUA DIWISUDA DENGAN NILAI KUMULATIF DI INSTITUT TEKNOLOGI DEL SUMUT

Toba Samosir  – Institute Teknologi DEL yang didirikan Purnawirawan TNI  Luhut Binsar Panjaitan di Kabupaten Tobasamosir Provinsi Sumatra utara yang dikenal sebagai salah satu Perguruan tinggi teknologi terbaik di indonesia ini menggelar acara wisuda di aula kampus , sabtu 7 September 2019.

Lebih dari 321 Mahasiswa/i  yang diwisuda tahun ini, 11 diantaranya adalah putra putri asli Tolikara yang dibiayai oleh pemda Tolikara sejak 3 tahun lalu melalui tahap seleksi pada sekolah menengah umum di Kabupaten Tolikara. 

Keberhasilan 11 mahasiswa/i tolikara ini mendapat apresiasi dari Bupati Tolikara Usman G Wanimbo .SE.MSi. yang ikut Menghadiri Acara Wisuda didampingi kepala dinas pendidikan kabupaten Tolikara, Michael ury rapang, S.IP

Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, SE, M. Si Dalam sambutannya saat acara wisuda, Mengucapkan terimakasih untuk Pembina Kampus DEL yang juga adalah Menteri bidang Kemaritiman Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan, yang telah memberikan kesempatan untuk Putra,Putri Tolikara sejak 3 tahun lalu untuk bergabung dengan salah satu kampus Teknologi terbaik di Indonesia. 

“ Saya Ucapkan Terimakasi untuk bapak Luhut karna sudah memberikan kesempatan bagi anak anak kami dari Kabupaten Tolikara untuk mendapatkan pendidikan berkualitas di kampus DEL " Ucap Usman dalam sambutannya.

UGW Juga menyampaikan terimakasih untuk seluruh mahasiswa lainnya serta dosen dan para staf di kampus yang telah menerima dan mendidik anak anak tolikara selama 3 tahun. 

"dalam kesempatan ini saya juga sampaikan terimakasih untuk seluruh Mahasiswa dari daerah lain di indonesia yang telah menemani bersama sama belajar serta para staf dan dosen yang telah membimbing dan mendidik selama 3 tahun, jika ada kesalahan selama anak anak kami  mengikuti pendidikan di kampus ini saya sebagai kepala daerah yang juga mewakili orang tua mereka  menyampaikan permohonan maaf " Harap Bupati. 

" Seperti yang kita ketahui bahwa, saat ini kita berada di jaman persaingan teknologi informasi digital, maka saya merasa perlu adanya persiapan untuk menyiapkan sumber daya manusia di bidang teknologi informasi  dalam menghadapi tantangan ini, semoga kedepan kita dapat melanjutkan kerjasama ini,  mengingat  lulusan pendidikan di bidang teknologi informasi untuk putra putri di tolikara masih sangat kurang." Jelas bupati 

Di tempat yang sama, Pembina IT DEL,  Luhut Binsar Panjaitan dalam sambutannya juga memberikan apresiasi untuk  ke sebelas mahasiswa/i dari Tolikara papua yang mampu bersaing dengan standar nilai yang tinggi di kampus DEL. 

" yang sebelas Mahasiswa dari tolikara coba berdiri, tadi saya dengar ada yang dapat kumlaut, Elvira Wenda kalau tidak salah coba maju ke depan " pinta luhut. disambut tepuk tangan semua yg hadir. 

"  coba sampaikan bagaimana perasaannya setelah diwisuda dan selesai hari ini " ucap Luhut sambil serahkan mike untuk mahasiswi  peraih kumlaut dari tolikara. 

" slamat siang semuanya, nama saya Elvira Wenda, tidak pernah terpikir saya bisa bergabung dengan kualitas pendidikan yang modern dan berkualitas disini, untuk itu saya ucapkan terimakasi untuk bapa Usman Wanimbo yang telah memberikan kami kesempatan kuliah secara gratis di tempat ini, saya juga sampaikan trimakasi untuk teman2 dan seluruh dosen yang telah menerima dan mendidik kami dengan baik  hingga selesai Tuhan Memberkati " tutup elvira disambut tepuk tangan semua teman temannya. 

Selain Elvira Wenda, Mentri Luhut juga memberikan kesempatan pada 2 orang staf yang bekerja di kementrian untuk menyampaikan pengalaman selama bekerja. 

" hampir semua staf yang saya pekerjakan adalah anak2 muda berprestasi,  jadi nanti ade elvira wenda juga akan saya ajak untuk bergabung dalam tim ini " jelas Luhut sekali lagi disambut riuh tepuk tangan oleh semua yang hadir. 

Setelah menyampaikan Sambutannya, Luhut juga memberikan penghargaan dan cinderamata untuk Dirjen pajak, Robert Pakpahan dan Bupati Tolikara Usman G wanimbo yang dianggap telah berhasil merumuskan ide peningkatan SDM  Putra/i asli tolikara untuk mendapatkan pengetahuan teknologi berkualitas dalam memenuhi kebutuhan tenaga ahli di kabupaten Tolikara mulai dari tahapan seleksi hingga berhasil tamat ( DIWISUDA ) 

 “ tiga tahun yang lalu saya kirim mereka dan tepat hari ini mereka selesai, saya harap gelombang  berikutnya dapat mengulang kembali sukses 11 mahasiswa/i ini dengan prestasi yang harus lebih baik, kalau saat ini dari 11 hanya satu yang dapat kumlaut kalau bisa tahun berikutnya tamba lagi jadi 2 atau 3 siswa yang dapat kumlaut  “ kata  bupati saat ditemui seusai menghadiri acara wisuda. 

bupati berharap  Atas keberhasilan 11 anak tolikara ini, dinas pendidikan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat SD – SMA pada seluruh sekolah di Kabupaten tolikara agar siap berkompetisi saat masuk di jenjang perkuliahan.

" sesuai petunjuk bupati, tahun ini kami akan perketat kontrol untuk bimbingan pelajar mulai dari fasilitas hingga kualitas pengajar agar lebih baik lagi dalam mempersiapkan Pelajar tolikara untuk mengikuti jenjang pendidikan di bangku perkuliahan.  " kata kepala dinas pendidikan tolikara. Michael Ury Rapang, S. IP, seusai mendampingi bupati dalam acara wisuda.

Kunjungan bupati menghadiri wisuda anak anak Tolikara di kampus del, adalah bagian dari kunjungan kerja untuk mahasiswa/i tolikara di kota studi lain di seluruh Indonesia. (Diskominfo Tolikara) *

Oleh : Admin Pemda | 14 September 2019 | Dibaca : 8 Pengunjung