DETAIL BERITA

DPM PTSP TOLIKARA GANDENG UNCEN PENYUSUNAN BUKU ANALISIS POTENSI SDA

Karubaga- Pemanfaatan dan pengembangan seluruh potensi ekonomi daerah menjadi program prioritas utama dalam visi misi Bupati Tolikara Usman G.Wanimbo,SE,M.Si dimana Sumber Daya Alam Daerah SDA harus digali dan dikembangkan dalam rangkah kemajuan pembangunan ekonomi daerah secara berkelanjutan. Guna mewujudkan  Program prioritas Bupati Usman G.Wanimbo itu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM KTSP) menggelar kegiatan Fokus Diskusi Group Penyusunan Buku Kajian Potensi Sumber Daya Alam (SDA) Yang Terkait Dengan Investasi, di Karubaga selama 3 hari di Karubaga, (6-8/11/2019).

 

Kepala Dinas DPM PTSP Kabupaten Tolikara, Terry J. Yikwa, SE kepada media mengatakan, Fokus Diskusi Penyusunan Buku tersebut melibatkan instansi terkait diantaranya Dinas Pertanian dan Perikanan, Dinas Perindagkop, Bappeda, Lingkungan Hidup, Ketahanan pangan serta beberapa dinas terkait lainnya. Sementara itu dari Pihak Universitas Cenderawasih (Uncen) terdiri dari tiga orang yakni, Aron Simanjuntak, SE.MSc.Ak, Dr. Yundi Hafizrianda, SE,M.Si, dan Marsi Adi Purwadi, SE.M.Si

 

Kegiatan diskusi berlangsung di Kantor DPM PTSP selama sehari, selanjutnya pada hari kedua dan ketiga tim penyusun buku yang terdiri dari DPM KTSP dan Perwakilan Uncen melihat secara langsung potensi SDA yang selama ini menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di sejumlah distrik diantaranya, di Distrik Karubaga, Distrik Biuk, Distrik Wenam, Distrik Kuari, Distrik Nabudange dan Distrik Bokondini.

 

 “Setelah kegiatan diskusi, kami turun ke lapangan untuk melihat langsung potensi unggulan di masyarakat tepatnya di Distrik Biuk, Kuari, Distrik Bokondini dan sejumlah distrik lainnya. Rencana pertemuan berikutnya akan berlangsung pada Desember nanti,” ungkap Terry J. Yikwa.

 

Dikatakan pula, kegiatan Fokus Diskusi Group Penyusunan Buku Kajian Potensi SDA bertujuan untuk menyusun rencana strategi kebijakan pengembangan komoditi unggulan investasi pengolahan SDA di Tolikara. Tujuan khususnya adalah menginventarisasi dan memetahkan berbagai potensi unggulan hasil pengolahan sumber daya alam.

 

Selain itu kegiatan menurut Kadis Tery J. yikwa kegiatan Fokus Diskusi Group Penyusunan Buku Kajian Potensi SDA juga bertujuan untuk menemukan dan mengenali implementasi pengembangan investasi komoditi unggulan hasil pengolahan SDA yang sesuai kondisi sosial, ekonomi dan budaya penduduk asli.

 

“Dalam kegiatan kajian dan penyusunan buku ini, Tim dari Pemkab Tolikara dan Uncen merancang dan merumuskan model pengembangan investasi dengan memperhatikan kriteria-kriteria komoditi unggulan hasil olahan SDA sebagai sasaran pengembangannya”. tuturNya.

 

Sementara itu, Sekretaris Dinas DPM PTSP Kabupaten Tolikara, Yohanis Mantong, ST pada kesempatan yang sama mengatakan, Penyusunan Buku Kajian Potensi SDA sangat penting. Menurutnya, data dan informasi yang diperoleh dalam sebuah kajian, dapat menjadi masukan untuk seluruh stakeholder pembangunan secara kesluruhan dalam upaya pengembangan komoditi unggulan investasi.

 

Selain itu, kajian potensi SDA dapat menjadi panduan bagi Pemda Tolikara dalam menyusun suatu perencanaan investasi, yang memiliki data analisis yang tepat tentang keunggulan potensi daerah.

 

“Dengan demikian program-program pengembangan investasi lebih fokus untuk pemanfaatan kemajuan daerah melalui permberdayaan ekonomi masyarakat berbasis komoditas unggulan dan peningkatan investasi,” pungkasnya.[Diskominfo Tolikara]

Oleh : Admin Pemda | 13 Nopember 2019 | Dibaca : 17 Pengunjung